Bab 10 Ancaman Terhadap Integrasi Nasional

NAMA         :MARNIATI
NO.ABSEN :19
KELAS        :X TO 3
1) pengaruh radikalisme yang merupakan suatu pemahaman baru yang dibuat oleh oleh pihak tertentu mengenai suatu hal seperti agama, sosial, politik, seakan menjadi semakin rumit, karena berbau dengan tindakan yang cenderung melibatkan kekerasan. Berbagai teror yang tak jarang memakan korban jiwa seakan menjadi cara dan senjata bagi para pelaku paham radikal
2)Liberalisasi terjadi dalam semua bidang termasuk dalam bidang pendidikan “Sistem pendidikan indonesia itu esensinya dari amanat UUD 1945 yakni mencerdaskan kehidupan bangsa dan bertaqwa kepada Tuhan YME. Pengaruh globalisasi dan sistem demokrasi yang tidak mampu memfilter paham-paham luar menjadikan pendidikan di Indonesia terpengaruh oleh liberalisme dan komunisme. Termasuk bentuk Kastanisasi yakni klasifikasi kualitas sekolah misal swasta, negeri, dll. Pendidikan dalam islam utk mengenal Allah, tapi dalam liberalisme untuk mengembangkan ilmu pengetahuan. Antitesis dari liberalisme sendiri adalah sosialisme komunisme. disebabkan sistem kapitalisme yang lahir dari paham liberalisme. Sehingga banyak pemuda negeri ini beraliran kiri.
3. Tentu saja sikap acuh tidak menjadi ancaman NKRI, kita tidak boleh takut terhadap keterbukaan, tetapi pada saat yang sama kita harus meningkatkan kewaspadaan kemudian arus komunikasi dan interaksi bisa menjadi ancaman terhadap seni dan tradisi serta ancaman terhadap warisan budaya lokal.
4. Cybercrime dalam arti luas disebut computer realted crime, yaitu perilaku ilegal yang berkaitan dengan sistem komputer/jaringan. Jenis-jenis kejahatannya: hacking, yaitu kegiatan menerobos program komputer, memiliki keahlian membuat dan membaca program tertentu dan terobsensi mengamatinya.


5) covid-19 Corona virus yang bermula dari Wuhan  China bisa menjadi ancaman NKRI karena virus ini diprediksi  masih jauh dari kata berhenti. WHO sendiri telah menetapkan Akibat virus ini sebagai pandemi global, berarti bahwa penularan dan ancamannya telah melampaui batas-batas antar negaranya.Rasa cemas yang dirasakan masyarakat internasional ini tentunya turut dirasakan oleh publik Indonesia.Pemerintah Indonesia sangat menanggapi masalah dengan serius yaitu dengan diadakan penyuluhan tentang pencegahan penularan Covid-19 melalui media massa.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Bab 7 Budaya Politik Di Indonesia